Cara Mengatasi Hama Tanaman Pepaya

Hama dan penyakit pada tanaman pepaya pengaruhnya luar biasa pada tanaman pepaya. Jika pepaya yang kita tanam mengalami gejala datangnya  serangan hama sebaiknya segera di atasi. Banyak yang teledor dalam menangani masalah ini. Kebanyakan sudah terserang hama baru mengobatinya. jika tanaman sudah terjangkit hama lebih sulit menanggulanginya.

  • saran
    saya lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Gangguan tanaman pepaya di kelompokkan menjadi dua yaitu HAMA dan PENYAKIT. Masa kembang biaknya pun terbanyak dialami di 2 waktu yaitu pada musim kemarau biasanya yang datang menganggu pepaya kebanyakan jenis hama sedangkan pada musim penghujan gangguan yang sering dialami terserang penyakit/ jamur.
A. Kelompok Hama pepaya yaitu:

Kutu putih atau kutu tanaman
Tungau merah / coklat/ ijo
Lalat buah.

pepayaHama tanaman pepaya
ke tiga macam di atas  biasanya menghisap cairan sel dalam jaringan. (daun batang buah pepaya dengan meggunakan mulutnya). akibatnya daun bisa mengkerut, kekuning kuningan buahnya rusak kulit luar dan daging dalamnya jika mateng warna blonteng (bangle) Jika tidak segera di atasi  pertumbuhan dan buahnya rusak bahkan mati. Hama kutu putih, tungau, lalat buah, biasanya muncul pada musim kemarau, pada musim penghujan biasanya hilang dengan sendirinya.
Kutu putih dan kutu kutuan
Hama Pepaya  ini berwarna putih kecil tubuhnya ditutupi selaput benang lembut. berkembang biak secara bergerombol, penyebarannya bisa terbang bersama angin dan berkoloni dengan semut. .
Cara merusak :
Menghisap cairan sel dalam jaringan daun batang buah dengan meggunakan mulutnya. Akibatnya daun  bisa mengkerujut kehabisan cairan daun rusak dan mati. Jika menempel di buah kutu putih ini bergerombol dan menyerap cairan buah pepaya.
Cara mengatasinya :
Jika terkena kutu putih semprot dengan insektisida, yang manjur hingga saat ini silahkan memakai insektisida alika. (baca aturan pakai dalam kemasan dan jangan memakai lebih dari dosis yang di anjurkan) Jika serangan hama parah tambahkan detergen. Pangkas bagian pepaya yang terserang parah dan musnahkan.
Tugau merah / coklat/ ijo
Bentuk hama tungau  mirip laba-laba berukuran kecil kurang dari 1mm
hama tanaman pepayaCara merusak :
Hama tanaman pepaya ini menghisap daun pucuk tanaman dan tunas muda. Bagian yang diserang berubah warna bekas luka menjadi bintik titik kuning lalu menghitam dan tumbuh mengkerut tidak sehat. .
Cara mengatasi  :
Jika terkena tungau merah pengendaliannya dengan tepung belerang dengan cara di hembuskan ke permukaan daun pepaya yang terserang. atau penyemprotan menggunakan akarisida (seperti kelthane  atau morestan). (baca aturan pakai dalam kemasan dan jangan memakai lebih dari dosis yang di anjurkan)
Lalat Buah
Hama tanaman pepaya Lalat buah biasanya menusuk  dengan alat mulut moncongnya menembus kulit buah kemudian meletakkan telurnya.Masa/ periode telur sekitar,1-20 hari . Lalat buah pepaya cepat berkembang biaknya dan bergerombol. Efek dari sengatan buahnya rontok, jika tidak rotok buahnya menjadi benjol benjol.
hama lalat buahcara mengatasinya :
Buat perangkap dengan botol plastik di rangsang menggunakan petrogenol, atau menaruh kapur barus di gantung di sekitar pepaya, fungsinya sebagai pengusir lalat buah membuat lalat buah tidak bernafsu makan.
B. Kelompok Penyakit bisa di identifikasikan Kelompok Jamur  yaitu :

Layu bakteri
Rebah batang
Busuk pangkal batang
Antraknosa / busuk buah.

Tanaman pepaya rentan terhadap air. kekurangan air atau kelebihan air bisa mati. Biasanya pada musim penghujan yang sering mengalami gangguan di atas muncul akibat hujan. banyaknya air yang ada dalam tanah mengakibatkan lembab. sehingga mempercepat kembang biak patogen baik jamur maupun bakteri. Juga mengakibatkan terganggunya keseimbangan pupuk tanaman pepaya dalam tanah.
Cara menanggulangi :
Pengaturan drainase yang baik. tidak boleh ada air yang
menggenang.  Jika tanaman pepaya dalam keadaan sehat atau Lakukan penyemprotan  fungisida dan insektisida  bergantian secara teratur. bisa dilakukan setiap 7 hari sekali.
Jika  mengalami gejala terkena penyakit penyemprotan fungisida satu minggu 2 kali hingga sembuh, dan dilanjutkan berkala setiap 7 hari dan rutin. pakai cara MMCT
Pada musim penghujan biasanya ph tanah turun dan lembab lakukan pemupukan dolomit secukupnya. Efek doloit pada tanah lembab suhu di dalamnya bisa menjadi hangat.
Cara MMCT : mudah murah cepat dan tepat dilakukan bahan pengobatan.    Dalam adonannya :

Obat fungisida + detergen + ajinomoto atau MSG

hama tanamanCara Pakai yaitu dalam tangki semprot ukuran 14 liter
Jika serbuk : 2 sendok makan jika cair : 5 sampai 7 cc/ml. ( baca aturan pakai)
Detergen ( biasanya kami pakai  mama lemon cuci piring dan buah bisa juga jenis sabun colek. bukan detegen  untuk pencuci pakaian terlalu panas) 3 sampai 5 sendok  ( fungsi detergen pembunuh bakteri lihat di kemasnya ).
Ajinomoto MSG untuk masak. 3 sampai 5 sendok makan ( jangan di tertawakan  lo mOsOk moto untuk penyedap makanan kok buat pengobatan). Jangan remehkan kandungan moto untuk tanaman, kalau tidak percaya silahkan tanya sama mbah google  manfaat ajinomoto MSG untuk tanaman. Tanya sama mbah google klik di sini
Karya di atas adalah pengalaman kami tentang mengatasi hama tanaman dan penyakit yang ada pada pepaya.
Catatan tips jitu MMCT mengatasi hama tanaman.  

pemakaian insektisida bisa di tambahkan detergen + ajinomoto atau MSGpemakaian  fungisida  bisa di tambahkan detergen + ajinomoto atau MSG

fungsi detergen = megurangi nafsu makan / membunuh  hama dan bakteri
fungsi ajinomoto atau MSG= memberi tambahan suplai pada tanaman makanan.karena MSG kandungan Nitrogen tinggi

Logika : jika sakit harus di obati kalau minum obat maka harus ada makan  *** Fungisida tidak boleh dicampur
dengan insektisida

*** Jika mau mencampur dengan pupuk
jangan berkategori pukuk kalium.
Penting ……

jika tanaman pepaya tidak dalam sakit atau gejala  terserang hama tanaman pepaya  saya sarankan mengunakan obat-obatan yang biorganik. Jika ada yang lebih tahu cara cepat dan tepat mengatasi hama pepaya mohon tulislah pengalaman anda di kolom komentar.


Dengan adanya interface antara pengunjung lainya yang membacanya jadi tahu, ilmu anda bermanfaat dan jangan lupa mendapatkan pahala lo.
Semoga dalam budidaya menanam pepaya anda mendapatkan hasil panen melimpah sesuai harapan.
artikel kait kata tag :
About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: