Untung dari Budidaya Pepaya Calina

Biaya tanam pepaya Calina hingga menghasilkan berkisar Rp 31 35 ribu/ pohon. Hasil panen tahap pertama dari pepaya yang juga dikenal dengan nama IPB-9 ini berkisar 25 sampai 30 kg/ pohon. Harga jual buahnya di kebun Rp 3 ribu/ kg. Dalam sekali periode panen, petani sudah untung sekitar Rp 55 ribu/ pohon. Tanaman ini mulai berbunga pada umur 4 bulan dan terus berbuah sepanjang dua tahun. Buah yang besar belum habis sudah muncul buah yang baru.

Ahmad Sasmita (36) petani pepaya Calina di Desa Cibeuteung Muara, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor mengatakan buah pepaya IPB 9 ini agak gede dan rasanya manis. Ia menanam pepaya jenis ini sejak Juni 2011, sampai sekarang sudah panen 16 kali sebanyak 1,2 ton dari 112 pohon. Saat ini Ahmad Sasmita punya 500 pohon pepaya Calina.

Pedagang banyak yang datang ke kebun pepaya Ahmad Sasmita, di antaranya pedagang buah dari Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta. Untuk pasarnya, saya nggak bingung, pedagang dari Kramat Jati yang memasok buah pepaya untuk super market carrefour meminta 8 kuintal pepaya per satu minggu dengan harga Rp 3.500 per kg di sini, tambahnya.

Prof. Dr. Ir Sriani Sujiprihati yang memuliakan pepaya unggul IPB-9 mengatakan sudah melakukan penelitian pepaya ini sejak tahun 2001. Pepaya ini sudah melalui uji pasar, pelepasan varietas dan diseminasi kepada para petani di berbagai wilayah. Hasilnya, buah ini sangat diminati konsumen, hasil produktivitasnya tinggi dan harganya bagus, tutur Prof Sriani di Kebun Buah milik Pusat Kajian Buah-buahan Tropika (PKBT) IPB di Tajur, Bogor.

Pemenang Rusnas Award 2004 dan Dosen Berprestasi Tingkat Nasional 2006 ini telah membuktikan bahwa buah Indonesia memiliki kualitas yang lebih. Kita punya prinsip buah Indonesia tidak kalah dengan buah impor. Buah dengan label Indonesia yakni pepaya Calina, toh laku di pasaran dan berkualitas, tuturnya kepada Sinar Tani.

Ir. Ketty Suketi Msi anak bimbing program doktor Prof. Sriani mengatakan pepaya Calina bisa ditanam dengan populasi 1.000 1.500 pohon/ ha. Pada umur 4 bulan, pepaya ini sudah berbunga, dan pada umur tanaman 7-8 bulan buahnya sudah bisa dipanen. Sampai umur 2 tahun, pohon pepaya Calina tetap berbuah. Tinggi tanaman pada umur 2 tahun masih bisa dijangkau tangan manusia. Sehingga untuk panennya masih bisa dipetik dengan tangan, tuturnya.

Bila populasi tanaman 1.500 pohon per ha, maka usaha tani budidaya pepaya Calina bisa menghasilkan keuntungan Rp 82,5 juta, hanya dalam sekali panen tahap pertama. Sebuah usaha yang menjanjikan keuntungan yang besar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: