Cabai Besar Hibrida IPB CH3 :

Cabai merupakan salah satu komoditas yang sangat dicari masyarakat Indonesia dan ketersediaannya sangat bergejolak. Sebuah varietas baru yang unggul dan diadaptasi dengan kondisi lokal Indonesia, akan membantu menstabilkan ketersediaan, juga harga.

Selama ini kita dihadapkan pada 2 pilihan  yakni cabai kecil yang rasanya pedas dan cabai besar yang rasanya kurang pedas. Kini ada pilihan ketiga yang menggabungkan sifat-sifat unggul dari pilihan tersebut. Hadirnya cabai hibrida IPB CH3, memberikan pilihan varian cabai besar dengan rasa yang pedas.

Cabai hibrida ini dihasilkan oleh para peneliti IPB: Dr. Muh. Syukur, Dr. Rahmi Yunianti dan Prof. Dr. Sriani Sujiprihati.

Produktivitas cabai IPB CH3 tergolong tinggi yaitu 1,11 kg per tanaman.Cabai yang mendapat predikat Kelas Mutu 1  menurut standar SNI ini juga memiliki umur panen yang lebih cepat dibandingkan cabai besar varietas lainnya. Cabai ini sangat adaptif dengan lingkungan optimum dan cocok dibudidayakan di Indonesia, karena merupakan hasil persilangan antara genotipe setempat.

Cabai ini unggul dalam perspektif inovatif karena memiliki kepedasan yang tinggi dengan kadar capsaicin 377,66 ppm. Bobot, panjang dan diameter buahnya lebih baik dibandingkan varietas pembanding Kelas Mutu I menurut standar SNI.

Bagi petani lokal Indonesia, penyedia bibit unggul, dan perusahaan-perusahaan khususnya yang bergerak di industri kuliner, potensi penggunaan bahan makanan satu ini tentu krusial untuk keberlangsungan bisnis mereka.(*AP)

Sumber : ciputraentrepreneurship.com, Kamis 19 April 2012
Link : http://www.ciputraentrepreneurship.com/produk/inovatif/16194-cabai-besar-hibrida-ipb-ch3.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: