IPB Kembangkan Cabai Super Pedas

 BOGOR–Si pedas akan semakin pedas. Itulah cabai merah besar yang sedang dikembangkan Institut Pertanian Bogor (IPB),yang diberi nama CH3 IPB.Cabai yang dikembangkan anak negeri ini, diharapkan memberikan solusi atas fluktuasi dan tingginya harga cabai dari tahun ke tahun. Peneliti Utama CH3 Departement of Agronomy and Holticulture IPB,Muhammad Syukur mengatakan,CH3 dua kali lebih pedas dari cabai merah biasa.Cabai superpedas tersebut dapat dikonsumsi rumah tangga dan industri. Menurut dia,konsumsi cabai besar sebagian besar diserap untuk industri.Keunggulan cabai hibrida ini selain lebih pedas,juga berdaya tahan terhadap penyakit cukup bagus.Tak hanya itu,produksinya pun lebih besar.Bahkan,CH3 ini diklaim mampu menghasilkan satu kilogram per pohon.“Cabai CH3 sudah bisa panen pada usia tiga bulan kurang sepuluh hari dan petani bisa panen hingga delapan kali,”ujarnya kepada wartawan di Fakultas Pertanian IPB Dramaga.

Kepala Bagian Genetika dan Pemuliaan Tanaman,Prof Sriani Sujiprihati, menambahkan,CH3 IPB dikembangkan sejak 2003 dan sudah diberikan SK dari Kementerian Pertanian pada Oktober 2010 lalu. Saat ini,sambungnya,CH3 belum dapat dirilis ke pasaran,karena IPB sedang mengembangkan bibitnya.

“Belum tahu kapan akan dikeluarkan.Selain karena masih produksi benih CH3, juga butuh modal besar dalam mengembangkan penelitian. Untuk itu, kita selalu buat proposal kerjasama dengan lembaga atau perusahaan dan kepada pemerintah,” ucapnya.(yud)

Sumber : Radar Bogor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: